Saturday, May 5, 2012

Wisata Alam Kawah Putih, Ciwidey, Bandung

Kawah Putih
Salah satu tujuan wisata alam di Bandung selatan adalah Kawah Putih. Jika Bandung utara punya tangkuban perahu yang kawahnya sulit dicapai, maka Kawah Putih adalah alternatif untuk anda pecinta wisata vulkanik. Kawah putih terdapat di ciwidey, daerah pegunungan yang banyak perkebunan sayur, terletak sekitar 2 jam perajalanan dengan menggunakan motor dari Tol Buah Batu. begitu sampai di lokasi, anda tidak bisa membawa motor masuk ke area kawah karena jarak yang jauh(5,6 KM) dan sangat menanjak. sebagai alternatif bagi anda yang tidak membawa mobil, anda bisa menggunakan kendaraan umum seperti angkot yang dimodif, namun sebagaimana angkot pada umumnya, anda harus menunggu sampai penuh. untuk hari kerja, pengunjung relatif sepi, hal ini berbeda pada akhir pekan.
Tanjakan ke Kawah
pada area gunung Patuha tempat kawah putih berada, terdapat kawah lain yaitu kawah Saat namun jaraknya lebih jauh dan sepi, biasanya yang ke sana hanya orang-orang yang ingin ziarah karena terdapat makam kuno. Setibanya di area kawah, kita disuguhi pemandangan yang kontras, area yang didominasi warna putih udara yang dingin dan air yang kehijauan, bau belerang, dan tanaman di sekitar mempunyai vegetasi
berbeda. untuk anda yang tidak tahan bau belerang atau sekedar berjaga-jaga terhadap uap beracun, banyak penjual filter atau tutup hidung(walaupun saya tidak yakin hal tersebut berpengaruh, karena filternya kurang tipis).
Area Kawah
sekeliling kawah adalah pasir dan tanaman khas vulkanik. selain itu ada gua buatan dengan label gua Belanda di sekeliling tebing, namun ada peringatan untuk tidak melihat terlalu lama ke dalam gua, entah kenapa, alasan mistis atau ancaman vulkanik.
Gua Belanda
di dekat pintu masuk terdapat sebuah danau atau rawa kecil yang terlihat seperti rawa purba di film holywood.
Rawa 'Purba' Kecil

No comments:

Post a Comment