Thursday, May 17, 2012

Danau Situ Cipatahunan Baleendah Bandung

Situ Cipatahunan

Bandung terkenal sebagai kota pariwisata. Kota bandung sendiri telah menjadi pusat wisata makanan/kuliner, fashion dan seni. Berbagai jenis kerajinan seni bisa kita dapatkan di Bandung. sekitar bandung sendiri banyak wisata alam seperti air panas di Ciater, Kawah Putih di Ciwidey, dan Gunung Tangkuban Perahu.
Namun ada alternatif lain bagi anda yang ingin menjelajahi wisata alam di Bandung, salah satunya adalah di Baleendah, Bandung Selatan, yang mempunyai wisata alam maupun buatan, seperti Kampung Batu, dan Situ Cipatahunan.
Situ artinya danau. Situ Patahunan yang berada di Jalan Cipatahunan merupakan danau buatan sehingga di sekeliling tepian danau sebagian besar terbuat dari beton. Danau ini dikelilingi gunung yang masih hijau, sisi yang lain merupakan pemukiman Warga. pada bulan Mei atau bulan musim kering warna airnya coklat, sedangkan pada bulan lainnya, berwarna hijau.

untuk masuk tidak dipungut biaya karena bukan area wisata yang dikelola secara profesional sehingga tidak ada fasilitas seperti tempat duduk atau beristirahat, namun banyak pohon yang bisa digunakan untuk berteduh.pada salah satu sisi terdapat pintu air yang sudah tua dan kurang terawat, pintu air tersebut terdapat atap dan jembatan penghubung dari sisi danau ke pintu air tersebut. Jembatan dan Atap tersebut sudah tua sehingga sedikit menakutkan karena khawatir sudah lapuk dan berkarat, lalu runtuh. selain itu Danau irigasi ini salah satu sisi nya yang berupa bukit terdapat tumpukan sampah warga walaupun tidak menyentuh air danau namun seakan merusak pemandangan hijaunya gunung dan bukit di sana.
Namun untuk anda yang sekedar mencuci mata dengan hijaunya gunung atau ingin memancing ikan, tempat tersebut sangat cocok.
Foto dari situs lain, Air yang berwarna Hijau di Bulan februari

No comments:

Post a Comment